Pertautan Sel (Cell Junction)

Sel merupakan kesatuan struktural, fungsional dan hereditas yang terkecil penyusun suatu organisme. Jaringan adalah kumpulan dari beberapa sel yang sejenis dan memiliki fungsi yang sama. Sedangkan organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan. Dari organ akan terbentuk sistem organ dan terakhir membentuk organisme.

Sumber gambar: Cell Junction by Andrew Chen on prezi.com
Source: Cell Junctions by Andrew Chen on prezi.com

Sel-sel pada suatu jaringan atau organ dapat mengadakan hubungan dengan sesama sel maupun dengan substansi antar selnnya. Untuk mengadakan hubungan antar sel, maka sel satu dengan sel lainnya melakukan suatu perekatan, atau biasa disebut dengan pertautan sel.

Pertautan antar sel sejatinya merupakan suatu hubungan yang memungkinkan terhubungnya antara sel satu dengan sel lainnya. Namun berdasarkan fungsinya, pertautan sel dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok fungsional, yaitu:

  1. Pertautan Penyumbat (Tight Junction)

Merupakan pertautan yang berfungsi untuk menghalangi masuknya molekul-molekul yang dapat melewati celah antar sel yang letaknya berdampingan. Biasanya letak pertautan ini berada paling atas diantara pertautan sel lainnya. Pertautan penambat ini menautkan bagian sel epitelium dengan sel epitelium.

  1. Pertautan Penambat (Anchoring Junction)

Merupakan pertauran yang berfungsi untuk menambatkan sel satu dengan sel lainnya atau sel dengan matriks.

  1. Pertautan Penghubung (Gap Junction)

Merupakan pertautan yang memungkinkan lewatnya zat-zat kimia atau isyarat eletrik dari sel yang satu ke sel tetangganya atau sel yang berada di sebelahnya.

 

Demikian penjelasan singkat tentang Pertautan antar Sel (Cell Junction). Mohon masukan berupa kritik atau saran dari teman-teman sekalian. Terimakasih, dan semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

 

Sumber: Yusuf, Yustini, Darmawati dan Imam Mahadi. 2007. Biologi Sel: Pertumbuhan dan Pertautan Sel. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Penulis: mayasandri

Hi. Aku Maya, saat ini aku berstatus sebagai mahasiswi dari Pend.Biologi FKIP Universitas Riau. Senang dapat menyapa dan dapat berbagi dengan anda

1 thought on “Pertautan Sel (Cell Junction)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *